Tim FORMULA Ajak Korban Banjir Bima Aksi Bersih-Bersih

Bima, NTB – Banjir yang menerjang kota Bima Desember lalu saat ini sudah surut. Meski begitu banjir terbesar yang merusak belasan ribu rumah ini masih menyisakan tumpukan sampah dan lumpur. Perabotan rumah tangga, lumpur yang menggunung serta genangan air harus segera dibersihkan agar tercipta kembali lingkungan bersih dan sehat seperti sedia kala.

Tim PBB (Pasukan Bersih-Bersih) FORMULA bersama SPL (Sahabat Peduli Lombok) hari ini (Rabu, 04/01) diturunkan ke Kel. Panaraga Kec. Raba yang merupakan daerah terparah terkena banjir karena ketinggian air di kawasan ini mencapai 3 meter. Namun karena luas wilayah yang harus dibersihkan dan jumlah personel Tim PBB tidak sebanding, Tim FORMULA kemudian mengajak warga agar bersama-sama membersihkan kampung mereka.

Menurut Rahmatullah Sidik Tim FORMULA LAZ Al Azhar mulanya masyarakat tidak memiliki semangat untuk bergerak dan hanya berpangku tangan. Pengungsi yang sebagian besar sudah kembali ke rumah masing-masing ini bingung apa yang harus mereka lakukan sambil berharap bantuan dari relawan dan lembaga luar.

“Kami sampaikan kepada masyarakat bahwa mereka hanya punya waktu 2 hari tuk bergerak bersama LAZ Al Azhar dan SPL, karena aksi emergency Tim FORMULA akan segera berakhir mengingat kondisi di Bima sudah semakin kondusif dan kemudian aksi dilanjutkan dengan program recovery. Setelah itu bapak dan ibu yang akan menyelesaikan sendiri permasalahan disini. Kenapa 2 hari ini tidak kita manfaatkan agar bisa bersama-sama Tim FORMULA untuk menyelesaikan masalah sedikit demi sedikit”, kata Rahmat.

Akhirnya Ketua RT setempat pun mengumumkan untuk melakukkan kerja bakti melalui pengeras suara dari masjid dan semua warga mulai keluar dari rumah masing-masing untuk bekerja membersihkan lingkungan. Tak hanya dari kalangan dewasa aksi bersih-bersih ini juga diwarnai dengan anak-anak yang terlihat senang bermain air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *